Legenda Rambut Bajang

Standar

serba salah yah, ni kipas angin, di matiin panas.. gerah.. giliran dinyalain masuk angin kembung.. payah!! huhu Jogja ujan terus ni.. ><

ayo ai semangat ngerjain TA!!!🙂

hihi jadi inget sesuatu nih kemaren pas gue di rumah.. pagi2 malemnya nginep di tempat kakak ke 4. sama ponakan kecil gue umur mau 6 bulan uhhh gemessss ><

kasian banget tauuu adek bayinya selama dua hari abis maghrib mesti batuk2 terus sampe muntah2😦. kasian bangetttt. akhirnya paginya kita ke kliknik anak. gue, kakak ipar gue sama si adek bayi, namanya putri, tapi gue lebih suka manggil puput :*.

Ya Alloh naek angkot jam setengah 6 diputer2in gak jelas, sampe hampir jam 7 baru sampe klinik,, yah,, antri banget deh,, dapet no. 19 padahal yang diperiksa baru no. 2 huhu. lamaaaaaaaa gilaaaaa. ƪ(°͡▿▿▿▿▿▿°”)͡ƪ

pada waktu  ngantri gue kelaperan cuy,, dan benar ngabisin gorengan 3 buah sama beli siomay hihi sampe perut rasanya mulesss huhu. udah jam setengah 9 belon juga tuh kelar. huahua,, kapan nih balik udah ngantuk gilak! nahh selama gue duduk di teras depan klinik gue sempat foto2in anak “bajang”. menurut pengamatan nih anak lagi sama ibu trus satu lagi lebih muda mungkin tantenya atau tetangganya.. atauuu mungkin istri om nya. *sok tau*

fotonya ada nih di hp gue tapi karena gak ada bluetooth yahh gue kasi tau aja yah contoh anak berambut bajang/gimbal kayak gini nih :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

nah serta merta gue inget sepupupu gue yang namanya Heny alias Henot, dulu dia juga bajang cuy, oiya rumah mbah gue itu di kecamatan Sigaluh, yah deket Wonosobo apa itu sebabnya yah? *maksudnya??*

Dieng, letaknya membentang antara Wonosobo dan Banjarnegara (kota kelahiran gue huehue) yang dataran tinggi tempat wisata keren abis sumpah! ke sana deh *promosi*. gue aja pengen ke sana lagi baru sekali seumur idup pas SMA maen ke sono sama keluarga gue. di daerah tersebut ada mitos tentang anak berambut bajang, konon Anak-anak Dieng yang berambut gimbal ternyata keturunan dari salah satu tokoh pendiri kota Wonosobo yaitu Mbah Kyai Kolodete yang konon berambul gimbal. ciehhh bukan mbah surip yah🙂 hehe

lebih lengkapnya baca di :

http://www.suaramerdeka.com/cybernews/harian/0609/04/dar34.htm

http://olchengizwell.wordpress.com/2011/09/09/rambut-gembel-titisan-kaladete/

http://lerengdieng.blogspot.com/2010/12/asal-usul-rambut-gimbal-dieng.html

back to the topic :

yah henot ternyata berambut bajang pas masi SD, gue sering liburan ke tempat mbah.. gak tau kenapa ibunya henot juga pas kecil berambut bajang juga, makanya bulik gue itu disayang banget sama mbah gue, sampe ke anaknya henot itu, nah gue? huehue. tau gak guys, anak bajang emang diperlakukan secara istimewa sama keluarga dan orang tua nya tersebut jadi jangan heran.

rambut bajang dipotongnya juga gak sembarangan, karena bisa bikin si anak sakit/panas, jadi katanya orang2 pada bilang nunggu si anak minta dipotong rambutnya atas kepengenannya sendiri, kalo sebelom itu dipotong bakal tumbuh lagi terus tumbuh sampe kiamat gak ilang2 hehehe (‾⌣‾)♉. *pengalaman Henot*

tapi do’i juga punya permintaan yang harus dipenuhi sebelom selamatan potong atau cukur rambut bajangnya. kadang aneh2 juga mintanya loh.. ada yang sepeda, ayam, gunting, payung boneka, dll. kalo si henot dia pengen kambing jantan.. huehue kayak si Radityadika aja😀. gue inget dia diselametin pas banget gue lagi liburan, orang2 pada ke rumah buat berdoa keselamatan.🙂. kalo ibunya Henot alias adeknya ibu gue alias bulik gue, beliau minta ayam jawa warna putih kalo gak salah denger huehue. udah lama sih ceritanya. >,<

ibu gue yang notabene orang situ pasti taulah dikit2 kisah2 rambut bajang, dulu di desa mbah gue juga ada anak bajang yang minta sepeda sebelom dicukur, tapi karena orangtuanya gak mampu atau gimana gak tau gak dibeliin tuh sepeda, gak diduga anaknya sakit panas trus sampe meninggal dunia,, wah terbukti jadi jangan main2 sama permintaan anak bajang. pantes diistimewakan yah *mikir*

yah asal jangan yang aneh2 aja mintanya kayak minta keliling duniaa, atau beliin pesawat tempur huehue. tapi kata ibu gue, kebanyakan anak2 berambut bajang minta sesuatu yang masi dalam jangkau orangtuanyanya, mungkin yang “ngedampingin” tau lah.. dan kasian minta yang macem2😉.

dulu pas kecil kalo liburan ke tempat mbah, di desa banyak banget anak sebaya gue sama anak2 kecil yang berambut bajang, aneh aja gue pikir KOK BISA YAH?? sepupu gue, adeknya temen gue disono, tetangga sama anak2 yang berkeliaran maen layang2 kesana kemari. gue kira gembel karena gak pernah di sisirin sama dikasi sabun colek bisa merah2 gitu rambutnya. huehue

mmm, sekarang gue dah tau, ternyata ada sejarahnya begono,, malah ini jadi daya tarik wisata Dieng loh,, sering diadakan acara ruwatan pas malem 1 syuro, jadi budaya/adat istiadat daerah Dieng. bisa di tonton sama wisatawan yang berkunjung.

ayo guys maen ke Dieng!  \(´▽`)/ *PROMOSI*

8 responses »

  1. ihik.. gue paling geli, kalo liat yg rambut gimbal, kesannya kotor gitu..
    tapi kalo gue gimbal sih, ntar kalo mau di potong minta apple macbook atau ipad2. hwahahahaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s