Be Profesional!

Standar

Bener-bener dah lama bangetttt gak posting.. >,< biasa sibuk sob… haha

mmm mau nulis apa yah… pastinya yang ngenes2 kan? baru asik? pembuka dulu aja deh, gue mau curhat, T___T (udah nangis padahal belom cerita)

di posting sebelumnya gue cerita kalo gue lagi daftar magang sama training di bank, kabar gembira… gue dapet panggilan buat briefing, yah gue DITERIMA!!!! (sengaja kapital dan ditebelin biar kesannya drama banget) yah gue diterima cynnn seneng banget dan gak percaya gitu deh.. lebay, dari gak tau jumlahnya yang daftar, cuma 5 yang diterima dari kampus gue, termasuk KARTIKA SARI dong..😛, sempewt gak enak sama temen yang nganterin kesana kemari buat daftar, padahal dia yang ngajak tapi gak keterima😦 maaf sobat..🙂

alhamdulillah, tapi jengjeng… (backsound neng neng nong neng)

ceritanya begindang, waktu itu gue udah nunggu 10 hari gak ada kabar sama sekali pengumuman tuh magang, dan gue karena udah diburu2 suruh pulang sama ortu akhirnya gue pulang tgl 2 april, tgl 3 nya ibu gue ultah sih… pake travel sampe rumah jam 2 siang, ehh jam 3 di sms tuh gue suruh kumpul briefing tgl 3 jam 12 siang, BUJUG dah.. ya Alloh tolong gue.. nih gimana mendadak bener ya??? :((

gue sempet pingsan trus bangun dan pingsan lagi, akhirnya gue mutusin buat tenang dan sms ke no. tadi yakni no. mbak2 yang kasih info. ehh 2x sms ga dibales, padahal gue menjelaskan bahwa keadaan baru mudik sejam nyampe dan gak bisa langsung ke jogja. -__-”

siangnya jam 12.30 tepat setelah brifieng, gue ditelpon sama no aneh, yah gue curiga aja tuh no. minta pulsa dan lagi di kantor polisi -,- eh ternyata dosen gue, beliau bilang bahwa gue diterima dan ditanya mau balik jogja kapan, sedangkan tgl 4 nya udah mulai kerja, wahhh gue langsung ling lung tuh, bingung sumpah, bapaknya bilang “mbak.. kesempatan tidak datang 2 kali mbak, gimana?” akhirnya gue mutusin buat pulang keesokkan harinya, dan beliau akan mendiskusikan sama pihak bank. huhuuu keringat bercucuran *lagi2 lebay* gue langsung pesen travel pagi jam 8.

tererereretttt jrengggg!!! 2 jam kemudian…

kringgg kringgg handphone gue bunyi lagi, sempet ragu2 tuh mau angkat, takut meledak, ternyata sms cynnn dari pak dosen gue bingung kenapa tuh sms bunyinya, kalo nama kartikasari sudah digantikan dengan… *sensor* dengan NIM *sensor* dengan no.hp *sensor* hadehhh apaan nih maksudnya, buru2 perut gue keroncongan.. eh melilit -__-

langsung gue sms, tanya sama pak dosen, ternyata jawaban apa yang gue dapet??? pihak bank udah gantiin posisi gue, gak bisa nunggu barang semalem aja gue sampe sono huhuuu…walopun dosen gue udah berusaha myakinkan pihak bank, tapi keputusan sudah deal,, tadinya gue shock, stress dan sempet ambil baygon BUAT nyemprot nyamuk, gimana enggak.. gue udah seneng2.. bayangin magang pake hitam putih sepatu pantofel, cari kost baru.. huahuaaa *nangis darah* betapa manisnya bayangan gue..

yah.. akhirnya gue sadar, bahwa belom rejeki gue, dan Alloh udah nyiapin kesempatan yang lebih baik pastinya…🙂 yihaaaa bijak banget cuy..

mmm btw,, gimana tuh yang training bank di Semarang, ga ada kabar sampe sekranga, kemungkinan besar ga diterima, soalnya biasanya yang dihubungi adalah pihak-pihak yang diterima saja, GOD…😦.

ayoo semangat semangat!!! bangkit wake up!! ada sesuatu, yah sesuatu yang lebih baik di depan sana yang nunggu gue!! optimis, do’a dan tetep usaha semaksimal mungkin!! \m/

pembukanya panjang bener yah?? (y)

mmm temen-temen sekalian.. gue mau cerita nih tentang Career Days yang diadain di kampus gue buat calon wisudawan dan wisudawati yang bakal diwisuda sabtu besok tgl 28 april. alhamdulillah..🙂

hari pertama career days, tentang Profesional, di sini ada pemateri yaitu bapak Jarwoto, alumni kampus gue STMIK Amikom Yogyakarta – bank Danamon area Jateng-DIY dan ibu Dr. Leila Mona Ganiem (Trainer). luar biasa banget nih orang2, hebat!

di sini gue banyak belajar tentang bagaimana menjadi Profesional. eh cieh… amin.. bismillah.. hihi, singkat aja deh.. gini yang gue dapet dari mereka, bahwa dalam meniti karir kita memerluka 3 tahap yaitu 1. Menentukan tujuan akhir, di sini agar kita terarahkan dan fokus sama tujuan kita, goal kita, 2. Disiplin, 3. Proaktif. kita harus siap mau gak mau dalam menghadapi dunia kerja, dan apa yang kita butuhkan??? jawab sama-sama dong cynnn MENTAL, ya itulah yang harus kita siapkan sebagai orang baru dalam dunia kerja. harus kuat mentalnya, jangan dikit-dikit ngeluh dan loyo, misal disuruh ini atau disalahin itu sama senior, terima aja, toh kita masi tahap awal dan baru dalam pembelajaran🙂, keep spirit n smile guys!

seperti yang gue liat di lowongan pekerjaan, di bank-bank (gue pernah bilang emang gue lagi nyari lowongan perbankan, dan gue minat banget berkarir disitu, amin) kebanyakan, bahkan semua membutuhkan karyawan yang berpengalaman min. setahun, 2, 3-4 tahun dibidangnya, sedangkan gue, elo? kita fresh graduate? so gimana dong? -__- (FYI: makanya gue cuma bisa daftar yang magang sama training aja). ternyata kita bisa dibolehkan saja mendaftar, memang di syarat tertulis kayak gitu, tapi dalam prosesnya perusahaan bisa mempertimbangkan pada saat wawancara berlangsung, misal kita meyakinkan bahwa kita mampu dan berkualitas untuk apa yang dibutuhkan perusahaan pada saat itu, dengan pengalaman dan wawasan, kita perlu juga mencari segala informasi tentang perusahaan sebelum wawancara, bisa dilihat kalo kita segitu perhatian dan minatnya sama tumbuh kembang perusahaan (eh ciehh bisa aja nih gue ngemengnya :D).

dalam wawancara pekerjaan, kita harus mengeluarkan semua kelebihan kita, apa yang kita punya dan bisa lakukan untuk perusahan, apa alasan kita untuk bekerja, kemudian jurus terampuh agar mereka tertarik dan mempertimbangkan kita masuk ke dalam perusahaan adalah menunjukkan sesuatu yang berbeda, kemampuan yang khas, hanya kita yang bisa, apa kek!! gue juga masih bingung wkwkkw😛. yah emang bener semua perusahaan maunya pasti mendapat karyawan baru yang memang sudah berpengalaman sehingga dalam bekerja sudah mampu dan memberi yang terbaik. ya yang fresh graduate jangan mau kalah kita harus tetap optimis dan PD dong..😀

oiya.. kita gak perlu takut gimana ya.. gue kan belum berpengalaman.. gue kan gak tau soal ginian, gue gak tau soal perbankan (karena semua jurusan bisa masuk) jangan pesimis, disini kita bisa mengembangkan diri langsung di lapangan/ dunia kerja, yang penting adalah, kerja keras, spirit, kemauan dan disiplin. kita harus membuat diri kita berkualitas, mengetahui kelebihan agar ditonjolkan dan kekurangan agar diminimalisir, karena kualitas diri menentukan langkah kita ke depan, menentukan visi, dan menentukan nasib kita.

yang penting lagi dalam dunia kerja adalah jaringan..harus!!  banyak teman, banyak relasi. banyak informasi kan?😀. gak dipungkiri juga 70% menganut paham nepotisme hihiii, udah banyak terjadi di dunia kerja.. makanya kita harus memperbanyak jaringan! cari peluang!

apalagi ya.. oiya masalah penampilan… mmm penampilan harus rapi, kombinasi warna pakaian sepatu matching, gaya rambut/jilbab rapi gak terbang2, make up juga penting, wajah polos dan make up berlebihan sama jeleknya, so make up yang minimalis dan fresh aja, terusss apalagi ya..

ada satu kalimat dari Dr. Leila yang gue suka dan setuju banget bahwa : penampilan memang bukan yang Utama, tapi penampilan adalah yang Pertama dilihat, karena manusia ga bisa ‘baca pikiran’. keren gilak!! penampilan yang sesuai dalam dunia kerja dan di dalam suatu perusahaan memang sangat penting, karena semua orang melihat pertama dari penampilan, emang bisa langsung tau hatinya gimana?? plis deh -___-“, gue gak setuju sama “don’t judge book from the cover” gue kalo liat buku covernya dulu, menarik apa gak.. baru baca deh hehe🙂.

sama juga di dunia kerja penampilan sama pentingnya dengan profesional kerja, bisa aja kalian gak dipercaya untuk mengerjakan sesuatu hanya karena penampilan kalian yang kurang meyakinkan, kan sayang banget, kemampuan berkualitas dan didukung penampilan berkualitas serta meyakinkan itu better, better n the best kan??🙂

kita juga dilatih gimana caranya salaman profesional, cara duduk, cara senyum, cara berjalan yang profesional, bener2 beda banget deh.. cool.. profesional banget.🙂 tadi siang di ruangan kita latihan bareng2 di praktekkin, juga latihan wawancara sama temen sebelah, dan kita nentuin juga apakah temen kita layak diterima kerja atau gak. harus jujur wkwkwk :))

asyik banget deh sumpah! Career Days bener-bener banyak memberi pelajaran dan pengetahuan berharga untuk dunia kerja yang sebentar lagi kita hadapi. gak pernah nyesel deh 5 jam di ruangan ber AC walo agak masuk angin *ndesooo* -__-V, terimakasih buat kedua pemateri, terimakasih buat STMIK Amikom Yogyakarta.🙂

besok Career Days dengan tema ENTREPENEUR, Yeyyy kayaknya asyik banget nih.. gimana enggak, bakal bahas semua tentang dunia kewirausahaan, secara gue juga usaha kecil2an😀, bisa dapet sesuatu nih, YES!!! besok-besok gue ceritain di posting selanjutnya, semoga bermanfaat yah.. walopun tulisan gue beribet dan agak kacau hehe. muahhh :*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s