Category Archives: Masa SD

Teror Hantu di Sekolah

Standar

aduhhhh seharian sama Rindang itu = ngemil + ketawa

ya benar ngemilll makannn teruss sambil ketawa2 bego eh riang 😀

kita cerita macem.. diantaranya masalah horroorr, sekolah, roda berputar sampe ke video musik yang keren2. hihiiiii ><

horroorrrrr… kita cerita banyak banget tentang kehororran sekolah masing-masing, ya dulu lah jaman SMA..jaman SMP…SD jugaaa

sekolah Rindang itu sekolah tua guys.. katanya temen Rindang pernah liat cewek berkulit putih pake gaun khas cewek2 Belanda, putih dan panjang, bawa keranjang, trus pake topi lebar gak yah…?? pasti keren banget.

mmm lo bayangin deh *bayangin* —–> merinding

iya gak mungkin banget lah cewek pake kostum kayak gitu masa masuk sekolahan.. konon sekolah itu peninggalan Belanda, bekas rumah sakit.*jrengjreng* sekolah tua o,O

jadi inget masa penjajahan deh,

katanya temen rindang juga ada yang ngerasa diikutin sama *sensor* dia jadi aneh.. masa ke kamar mandi yang udah rusak trus ngunci diri disono. trus karena khawatir rindang dan teman2 lapor ke guru. habis itu temen rindang jerit2 sendiri di uks, iya kan ndang??? gue agak lupa-lupa inget nih *kemudian dibully*

adek gue Cita juga kasian.. gue sampe sempet nangis2 kacau gara2 dia sakit2an dan sering pingsan di sekolah dulu pas SMP, sampe anak satu kelasnya pada sebel dikira caper??? woiii pada gilak yah adek gue sakit beneran… -___-

katanya pas tiduran di meja kelas, pas lagi pelajaran, kepala adek gue nelungkup liat belakang lewat bawah *susah dijelasin dengan kata2 deh posisinya gimana* SUERR ewrewr… mungkin kayak gini deh ini nyata liat aja sumber gambarnya disini

ya dia liat bayangan item di belakangnya, di kelas tersebut. pas di bangun dan nengok ke belakang ga ada apa-apa, yang terlihat temen2 kelasnya lagi pada nyimak pelajaran.. *ini kenapa punggung gue dingin sih??* jangan2 dibelakang gue nih??? SUMPAH!!!

( ° ☐ °|||)

*abaikan*

lain lagi sekolah gue,  mmm macem2 tuh ceritanya, dulu pas gue masih kelas 2 SD, gue sama Cita adek gue, disuruh beli gula pasir sama ibu, kebetulan warung yang kita tuju gak jauh banget sama rumah, cuma nglewatin kebun salak sama SD gue, nah kita biasa lewat belakang trus masuk ke dalam sekolah trus keluar lewat pintu gerbang depan buat ke warung itu. *ribet amat yak!!* -___-

ya.. jam setengah 6an sore, kita berdua jalan di dalam sekolah.. tiba2 gue merinding bulu kuduk gue pada disko, *sebenernya pas kecil aja gue gak tau bulu kuduk itu apa*

nah.. tiba2 ada suara kerasss banget dari dalam ruangan, sebenernya itu bukan kelas kayak gudang deh, alias kelas gak terpakai.

“BRAAAKKKKKKK”

jengjeng apa yah??? gue serta merta sama ita nengok ke jendela kaca. liat di dalem ruangan gak ada apa-apa, cuma kursi dan meja rusak berantakan. sama satu lagi TENGKORAK!! hiiiiiiiii ><

sumber gambar disini

jangan salah sangka dulu ini tengkorak  buat praktek anak kelas 6 SD yah.. bukan penampakan atau apa.. -___-

yah.. kita cuek aja.. trus malingin muka..

habis itu nengok lagi ke dalam, lewat kaca, ngintip2 gitu pake kedua tangan nempel kaca. trus mau malingin muka lagi tapi Eitsss tunggu dulu.. ada yang aneh deh.. ada yang beda.. -__-

“It… kok aneh sih.. tengkoraknya kayaknya tadi gak hadap sana deh”

Cita jawab : “iya mbak… tadi kan hadap depan, ini kok hadap samping yah??”

gue langsung deg-degan…

“mmm.. trus..hiii”

habis kita ngomong gitu… eh…

“ya Alloh… ita… itu udah hadapnya beda lagi…”

keterangan yah guys, jadi tuh tengkorak hadap depan, trus samping kiri, sekarang udah berubah lagi nengok ke kanan,

gue bingung… -__-

tiba-tiba….

terdengar sesuatu yang gak asing lagi guys..

ya.. adzan maghrib..

“mbak udah yok.. beli gulanya”

langsung segera kita buru2 beli gula pasir ke warung…

habis itu gue lewat SD lagi.. yah gue iseng aja liat dalem lagi sekarang tuh tengkorak udah ngadep depan lagi, damnitstrue

Щ(`Д´щ҂)

maunya apa sih tengkorak mau maen hadap kanan hadap kiri gitu sama kita??? langsung buru2 kita lariii sampe rumah…

yang jelas, di sekolah itu sepi banget pintu kelas semua pada dikunci. lantas siapa??? gue pikir pas itu,

“pintu sama jendela kan ketutup gak mungkin ada angin kan bu??”

ibu gue cuma senyum..

ita sama gue ngos-ngosan. kapok!!! ><

SD gilak!!!!!

pas SMP gue pulang sekolah.. gue lewat samping SD buat jalan kaki ke rumah.. eh ada suara macan meraung2.. bener2 suara macan, gue mikir, anjing gak mungkin suaranya gitu, kecuali anjing diperkosa *jitak*

gue sempat ragu buat nglanjutin jalan gue, mikir : kalo gue putar balik jalan lewat jalan gede, gue takut ketabarak mobil atau gue diculik, huhu… gak… sebenernya males,, kejauhan -___-

suara itu terusss aja bunyi meraung-raung sepanjang gue jalan di samping sekolah.. tapi arahnya di kebon.. ya.. di kebun salak yang bakal gue lewatin.. gue beraniin jalan terus sampe kebun trus bunyinya terus aja.. kedengeran semakin keras…

ya Alloh… tolong hamba 😦

gue gemeteran ketakutan..

ada kali belasan kali meraung-raung

sumber gambar disini

gue terus beraniin jalan terus,, jangan lari jangan berhenti..

bayangan gue udah yang gak-gak.. gue takut dihadang macan di tengah kebon kayak gini, mana sepi gak ada orang lagi..( ° ☐ °|||)

ayo ai.. terus jalan… terus… kaki gue gemeteran…

suara itu terus aja kedengeran hehhhhh ><

sampe rumah yah gue sampe rumah akhirnya… trimakasih Tuhan Engkau menyelamatkan nyawa hamba.. . (-̩̩̩-͡ ̗–̩̩̩͡ )

gue cerita sama ortu gue eh.. ternyata tau gak…

di sekolah dan sekitar kebon belakang sekolah terkenal ada macan jadi-jadiannya ternyata.. kok gue baru tau yaaa  (o__)o

lemes seketika… jadi itu itu… arghhhhhhhhh

hmm..

ternyata pengalaman mistis sekolah itu banyak banget teman… temen sasa… keponakan gue namanya siapa yah.. gue lupa. anggap aja namanya Neneng..

si neneng anaknya rajin banget sumpah.. masa jam 6 teng udah berangkat sekolah coba??? -__-. jangan ditiru yah serius nih soalnya akibatnya fatal…

gue mau cerita merinding nih.. ><

yah.. suatu hari jam 6 pagi neneng uda sampe di sekolah, saking semangat belajarnya tinggi. jelas dong belom ada siapa2 di sekolah masi sepi cuy…

dia jalan masuk dari gerbang… perlahan..

dan…..

tiba-tiba.. ada tangan ya 2 telapak tangan yang jalan…. gilak gue deg-deg an nih, merinding banget.. *terusin gak yaaa..*

TERUSIN!!! (#`Д´)σ

ya sabar yah… nih mau lanjut.. -__-

sumber gambar disini

kalian bayangin aja deh.. dua telapa k tangan jalan mendekati kalian.. ya telapak tangan itu turun dari ruang kelas 6 yang ada di atas, dari pintu gerbang cuma naik 4 tangga,, turun… cuy deketin si Neneng, otomatis, langsung nangis teriak-teriak ketakutan muka pucat pasi.

neneng ketakutan dan lebih gilaknya lagi tuh tangan ngikutin Neneng.. Neneng lari lari… dia mutusin buat pulang ke rumah.. yah dia dikejar-kejar sama si DUA TELAPAK TANGAN entah punya siapa..

nah gue gak jelas nih, tuh tangan ngejar Neneng sampe mana, sampe gerbang pintu sekolah apa sampe rumah… *pertanyaan besar*

sampe rumah nangis2 ortunya bingung.. langsung cerita sambil ketakutan.. jantungnya untung gak jatuh yah.. (⌣́_⌣̀)

kasian banget.. dia trauma guys… gak mau sekolah. trus berita tersebut rame dibicarakan warga sekolah dan warga sekitar.. pada ngegosipin hal itu.

neneng gak masuk 1 minggu, akhirnya setelah dibujuk2 mau dibeliin mobil mau dia sekolah *ini jelas ngawur* PLAKKK!!

dia mau sekolah asal dianterin sampe kelas. dan gak sepagi kayak biasanya -__-

pesan moral : jadi anak sekolah jangan terlalu rajin ya.. *sesat*

ini lebih mengerikan lagi teman-teman…

ini juga sempet rame.. di kalangan guru, para siswa dan warga desa gue..

pagi-pagi digegerkan sama telapak kaki raksasa… ya kayak bekas kaki yang habis nginjak tanah yang basah kotor banget..

pokoknya dijamin itu bukan cap telapak kaki manusia, gede banget ada sekitar 5 cap telapak kaki di tembok ruang kelas, yang sekarang udah dijadiin gudang. beuhhhh…. ngeraiiii… ><

padahal hari sebelumnya belom ada cap kaki gitu… langsung pada ketakutan dan rame 1 sekolah

ini gambar editan gue aja di sotosop buat ilustrasi.. sumber gambar disini.

wahh sape ya.. gak mungkin ninja kan?? -__-V

sapa ya yang manjat dinding sekolah malem itu?? bagi yang tau email gue ya..  (*^▽^*)

cerita apa lagi yaaa…

oiya pas SMA.. jrengjreng…

secara yah.. gue eksis di sekolah gue ikut OSIS sama PATRA majalah sekolah *langsung dibully* gue sering dong malem2 di sekolah.. hehe maksudnya sering ada kegiatan malam, misal LDK, atau malam akrab gitulah.. sama anak2 baru di organisasi. 😀

yah.. malem itu pas lagi makrab PATRA, gue sebagai apa yah jabatan gue mmm bendahara ngumpulin duit lah ya jelas… *Plakk* buka itu ceritanya.. ya gue sama Lana dan teman2 seangkatan maupun adik kelas.. kita mau gembleng anak2 PATRA baruuu yeyyy…

tapi jangan salah.. gemblengan kita gak bentak2an gitu dong… ƪ(‾ε‾”)ʃ

kita isi sama permainan yang  kreatif.. hihiii yang jelas.. super kreatif banget baru pernah gue ngerasain makrab organisasi sekreatif itu sapa lagi kalo bukan ide brilian LANA. :D. ketua PATRA baru setelah Yuli lengser,, *jiah kayak presiden aja lengser..* -__-

singkat cerita udah mulai tuh permainan… jadi kalo udah nglewatin post harus teriak i love u apa yah.. lupa gue -___-, yang dari sebrang post lain jawab tapi gue lupa juga harus jawab apa *JITAK*

yah tiba-tiba bel bunyi… bel sekolah bunyi…

what??? kok bisa yah bunyi?? kan pintu ruang yang buat bunyiin belnya dikunci.

gue kaget pas itu udah jam 12 malem an..

sumber gambar disini

ada yang bilang seinget gue Lana yang bilang, katanya di SMA gue ada jam malam, jadi kabarnya bel suka bunyi sendiri malem hari. dan ada kadang terdengar suara riuh kayak anak-anak lagi di kelas..

GERRRRRRR!!!!!!!!!!

bulu kuduk langsung berdiri, ahh bodo.. (⊙_⊙)

yah malem lain.. ini terjadi pas penerimaan tamu ambalan. pramuka gitu.. pas masi awal2 jadi siswa baru. masi kelas 1 SMA. critanya gue, ayu, eka, lintang, retno sama nita mau ganti baju di kamar mandi, kena lumpur bok.. -__-

yah.. malem.. tanpa rasa takut pun kita ke kamar mandi bareng.. kita masuk 1 kamar mandi bareng… buset…

trus kita denger suara kayak orang mandi.. “byur byurrrr”

batin gue sapa tuh yang mandi malem2 gini, gak takut asam urat apa??? (¬_¬”)

udah selese ganti…

kita keluar si ayu kaget.. dia liat kamar mandi sebelah yang kering kerontang.. air di bak mandi pun gak ada…

ohemji.. sape yang byur-byur tadi dong??? buru-buru merinding.

usut punya usut.. hmm tega bener dah kakak kelas gue, dia cerita pas malem2 di sekolah pula pas acara OSIS. konon, dulu ada siswa yang habis maen basket trus lagi jalan di belakang kelas gue.. hmmm dia kepleset dan jatuh kebawah deket lab, yang lumayan tinggi.. iyalah jatuh ada ke atas??

Щ(`Д´щ) dan dia meninggal.. hiiii ><. terus katanya ada yang pernah liat delman berkuda jalan2 sendiri bunyi kring2 muterin sekolah,  ahh gak tau itu benar apa nggak…!!!!!!!!!!!!!! EGP!!!!! ε( •╰˛╯• )з

udah ahhhh capek… itu dikit cerita gue tentang han han hannnnn….. di sekolah. yah kesimpulannya di sekolah ada SESUATU guys… yuk mariiiii 😀

Legenda Rambut Bajang

Standar

serba salah yah, ni kipas angin, di matiin panas.. gerah.. giliran dinyalain masuk angin kembung.. payah!! huhu Jogja ujan terus ni.. ><

ayo ai semangat ngerjain TA!!! 🙂

hihi jadi inget sesuatu nih kemaren pas gue di rumah.. pagi2 malemnya nginep di tempat kakak ke 4. sama ponakan kecil gue umur mau 6 bulan uhhh gemessss ><

kasian banget tauuu adek bayinya selama dua hari abis maghrib mesti batuk2 terus sampe muntah2 :(. kasian bangetttt. akhirnya paginya kita ke kliknik anak. gue, kakak ipar gue sama si adek bayi, namanya putri, tapi gue lebih suka manggil puput :*.

Ya Alloh naek angkot jam setengah 6 diputer2in gak jelas, sampe hampir jam 7 baru sampe klinik,, yah,, antri banget deh,, dapet no. 19 padahal yang diperiksa baru no. 2 huhu. lamaaaaaaaa gilaaaaa. ƪ(°͡▿▿▿▿▿▿°”)͡ƪ

pada waktu  ngantri gue kelaperan cuy,, dan benar ngabisin gorengan 3 buah sama beli siomay hihi sampe perut rasanya mulesss huhu. udah jam setengah 9 belon juga tuh kelar. huahua,, kapan nih balik udah ngantuk gilak! nahh selama gue duduk di teras depan klinik gue sempat foto2in anak “bajang”. menurut pengamatan nih anak lagi sama ibu trus satu lagi lebih muda mungkin tantenya atau tetangganya.. atauuu mungkin istri om nya. *sok tau*

fotonya ada nih di hp gue tapi karena gak ada bluetooth yahh gue kasi tau aja yah contoh anak berambut bajang/gimbal kayak gini nih :

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

nah serta merta gue inget sepupupu gue yang namanya Heny alias Henot, dulu dia juga bajang cuy, oiya rumah mbah gue itu di kecamatan Sigaluh, yah deket Wonosobo apa itu sebabnya yah? *maksudnya??*

Dieng, letaknya membentang antara Wonosobo dan Banjarnegara (kota kelahiran gue huehue) yang dataran tinggi tempat wisata keren abis sumpah! ke sana deh *promosi*. gue aja pengen ke sana lagi baru sekali seumur idup pas SMA maen ke sono sama keluarga gue. di daerah tersebut ada mitos tentang anak berambut bajang, konon Anak-anak Dieng yang berambut gimbal ternyata keturunan dari salah satu tokoh pendiri kota Wonosobo yaitu Mbah Kyai Kolodete yang konon berambul gimbal. ciehhh bukan mbah surip yah 🙂 hehe

lebih lengkapnya baca di :

http://www.suaramerdeka.com/cybernews/harian/0609/04/dar34.htm

http://olchengizwell.wordpress.com/2011/09/09/rambut-gembel-titisan-kaladete/

http://lerengdieng.blogspot.com/2010/12/asal-usul-rambut-gimbal-dieng.html

back to the topic :

yah henot ternyata berambut bajang pas masi SD, gue sering liburan ke tempat mbah.. gak tau kenapa ibunya henot juga pas kecil berambut bajang juga, makanya bulik gue itu disayang banget sama mbah gue, sampe ke anaknya henot itu, nah gue? huehue. tau gak guys, anak bajang emang diperlakukan secara istimewa sama keluarga dan orang tua nya tersebut jadi jangan heran.

rambut bajang dipotongnya juga gak sembarangan, karena bisa bikin si anak sakit/panas, jadi katanya orang2 pada bilang nunggu si anak minta dipotong rambutnya atas kepengenannya sendiri, kalo sebelom itu dipotong bakal tumbuh lagi terus tumbuh sampe kiamat gak ilang2 hehehe (‾⌣‾)♉. *pengalaman Henot*

tapi do’i juga punya permintaan yang harus dipenuhi sebelom selamatan potong atau cukur rambut bajangnya. kadang aneh2 juga mintanya loh.. ada yang sepeda, ayam, gunting, payung boneka, dll. kalo si henot dia pengen kambing jantan.. huehue kayak si Radityadika aja :D. gue inget dia diselametin pas banget gue lagi liburan, orang2 pada ke rumah buat berdoa keselamatan. :). kalo ibunya Henot alias adeknya ibu gue alias bulik gue, beliau minta ayam jawa warna putih kalo gak salah denger huehue. udah lama sih ceritanya. >,<

ibu gue yang notabene orang situ pasti taulah dikit2 kisah2 rambut bajang, dulu di desa mbah gue juga ada anak bajang yang minta sepeda sebelom dicukur, tapi karena orangtuanya gak mampu atau gimana gak tau gak dibeliin tuh sepeda, gak diduga anaknya sakit panas trus sampe meninggal dunia,, wah terbukti jadi jangan main2 sama permintaan anak bajang. pantes diistimewakan yah *mikir*

yah asal jangan yang aneh2 aja mintanya kayak minta keliling duniaa, atau beliin pesawat tempur huehue. tapi kata ibu gue, kebanyakan anak2 berambut bajang minta sesuatu yang masi dalam jangkau orangtuanyanya, mungkin yang “ngedampingin” tau lah.. dan kasian minta yang macem2 ;).

dulu pas kecil kalo liburan ke tempat mbah, di desa banyak banget anak sebaya gue sama anak2 kecil yang berambut bajang, aneh aja gue pikir KOK BISA YAH?? sepupu gue, adeknya temen gue disono, tetangga sama anak2 yang berkeliaran maen layang2 kesana kemari. gue kira gembel karena gak pernah di sisirin sama dikasi sabun colek bisa merah2 gitu rambutnya. huehue

mmm, sekarang gue dah tau, ternyata ada sejarahnya begono,, malah ini jadi daya tarik wisata Dieng loh,, sering diadakan acara ruwatan pas malem 1 syuro, jadi budaya/adat istiadat daerah Dieng. bisa di tonton sama wisatawan yang berkunjung.

ayo guys maen ke Dieng!  \(´▽`)/ *PROMOSI*

Akibat Ngintip Orang Pacaran

Standar

Yah seperti biasa cerita ini adalah cerita ngenes, kalo ga ngenes ga gilak dong huehue.. cerita pas gue masi kecil sekitar kelas 2 atau 3 SD, lupa. kalo liburan sekolah gue sering liburan di tempat mbah, rame,, ada mbah kakung, mbah putri sekarang udah di surga :), sepupu si Heny —> Henot seumuran sama gue. trus sama bulik.. bulik gue ini masi muda cuma beda 9 tahun dari gue.. :D.

Singkat cerita, udah malem nih.. dan di sana biasa anak2 kecil.. remaja pada maen rame2 di jalanan desa.. kalo di rumah gue.. ga mungkin gue maen malem2 huehue. pada saat itu, gue masi asyik makan pecel bikinan mbah.. ehh si Henot dengan muka Mupengnya.. megang lengan gue, *apaan sih dalam hati* (˚—-̩̩˚)a

“Iiii… ayo ikut akuu”

“kemana?”

“ngintip orang pacaran!!”

“hah??” *agak tertarik dan mupeng hehe*

“OGAH!! males..!”

“ihhh ayooo” *memaksa* “ayooo”

*yaudah dengan pura2 terpaksa gue mau huehue*

Di TKP, alias di tepi jalan ada rumah warga di situ.. sama anak2 banyak rame.. banget…

Mana hen???

ntar sini sini ikut.. *narik tangan setan bukan, gue lah*

terus kita pelan2 mengendap-endap kayak kucing mau nyolong ikan asin takut ketahuan yang punya.. aduhh kok jadi deg-deg an gini yah?? (-,-“)

BUJUG demi kutu badak bulu singa!! gue kaget pas liat muka dua orang yang pacaran di deket tembok salah satu rumah di tepi jalan tersebut… “Hoh?? Bulik???” yap bulik gue ternyata yg lagi pacaran.. ┐(ˇ.ˇ”)┌ Heni pun kaget tapi mukanya santai aja, biasa liat orang pacaran kali yah huehue. 😛

Trus Henot kayaknya udah ga tertarik lagi buat nglanjutin “nonton” hahaha.. dia melengos pergi, gue ngikut… tapi baru beberapa langkah ehhh gue kok #penasaran yah? hehe, dasar anak ingusan bau jahe!! Gue langsung balik arah pengen ngintip lagi cuy… hehe.

 ƪ(°͡▿▿▿▿▿▿°”)͡ƪ

Nah.. gue liat eh ngintip mereka bedua.. yang cowok lagi ngajak ngobrol si bulik.. (tante gue). mereka keliatan serius bgt. gue ngeliatin melongo kayak sapi bego. #upss. tapi kemudian sadar kalo mereka.. ganti balik ngliatin gue.. AWW gue ketahuan ngintip (‘◑﹏◐!). Gawattt buru2 mau lari balik badan eh baru satu langkah!!! apakah yang terjadi sodara-sodara????

#Jengjeng kaki gue gak tau nginjek apaan, batu mungkin, dan keseimbangan badan pun gak bisa terjaga! yak benar! gue kesandung dengan sukses dannnnn PIPI APEL imut gue kena aspal bokk.. kebanting keras banget, GEDUUUBRAAKKK…………!!!

udah ngintip ketahuan malah kebanting sekalian di tkp di depan yg pacaran lagi!!! Ya Alloh malu-malu gue… baskom hennn henottt mana.. baskom!!!! huhu tak berdaya, gue langsung ditolong bulik gue, trus dibawa pulang ke rumah mbah, sepanjang jalan gue dimarahinnn terus.. 😦 *ngenes banget*

Sampe biru2 item pipi gue pegelll perih bengkak gosonggg!! Ohh T_____T. gue nangis di rumah, Henot nyengir kuda! Ditempelin abu yang anget rasanya senut2 Tuhan… (¬_¬)-σ awas lu Henn gara2 lu….

nangis gue imut yahh :”>

Nih kira2 mirip kayak gini pipi imut gue jadi biru lebam, macam gini :

sakit aja tetep cantik :’)

“Makanya jangan ngintip2 orang pacaran!! gini akibatnya!!”  (ˇ▼ˇ)-c<ˇ_ˇ) itu yg bisa gue terjemahin dari kata2 bulik. Bulik gue dari sejak lahir emang kalo ngomong ga jelas, maksudnya emang lain dari orang biasa :). SIAL SIAL SIAL sampe sekarang kalo inget itu semua malu sendiri dan ketawa sendiri hihihiiiii  (ʃ⌣́,⌣́ƪ)

Sekedar Informasi yah : cowok bulik waktu itu sekarang jadi mantan pacar, karena udah jadi suami bulik gue, dan udah punya anak 3 hihi sepupu2 kecil gue..unyu unyuuu ε˘`). Kangennnn kan sama mba ai… hehe.

sumber :

http://www.lautanindonesia.com/forum/index.php?topic=89391.30

http://yuliku.wordpress.com/2010/05/30/nikmat-di-balik-sakit/

http://www.thegreenpensieve.com/2011_09_01_archive.html

http://djimodjisociety.blogspot.com/2010/10/gigi-bernanah.html